DIAGNOSA DAN TROUBLESHOOTING PADA PC

Beberapa Diagnosa dan Troubleshooting pada PC:

A.Keyboard tidak terdeteksi
    Keyboard terkadang mengalami masalah yaitu tidak terdeteksi oleh komputer atau salah satu tombol bermasalah. Debu dan kotoran dapat menempuk menjadi banyak didalam keyboard sehingga mengganggu kenyamanan dalam menekan tombol keyboard atau tombol keyboard akan mengeras, minuman yang tumpah ke keyboard merupakan penyebab yang paling rawan yang membuat keyboard rusak. berikut adalah cara mengatasinya berdasarkan



gejalanya :
1)  Keyboard tidak cocok dengan windows yang digunakan / tidak didukung.
Solusinya, coba pindahkan ke computer yang memiliki windows yang berbeda, jika bisa, maka keyboard pada windows yang pertama tadi tidak didukung.
2)  Keyboard sedang digunakan, kemudian air tumpah ke keyboard, kemuian keyboard error. Solusinya keyboard harus dibuka dan membersihkan tuts nya satu persatu dan keringkan, apabila terkena air sepeti kopi, kemungkinan keyboard akan rusak.
3)   Cek port keyboard apakah tertukar dengan port mouse atau tidak.
4)   Ada juga keyboard yang tidak terkoneksi dengan computer karena port nya longgar. Solusinya, goyangkan port keyboard sampai terkoneksi, tetapi hal ini tidak akan bertahan lama.
5)   Apabila telah dicobakan kedua buah computer yang berbeda atau lebih, kemungkinan keyboard rusak.
6)   Ada juga kemungkinan port pada moderboard yang rusak.
7)   Pada bebeapa system windows ada yang meminta menekan tombol F1 untuk melanjutkan ketika proses POST telah selesai, apabila tidak mau kemungkinan keyboard tidak terdeksi. Solusinya apabila pada menghidupkan computer sebelumnya bias, kemungkinan kabel keyboard ada yang putus, periksalah kabelnya.
8)   Periksalah secara software.
   a.       Menggunakan Troubleshooting.
Cara membukanya, buka control panel -> keyboard ->  Hardware -> troubleshooting.
   b.      Menggunakan system information
Cara membukanya, Start -> All Program -> Accessories -> System Tools -> System Information.
   c.       Menggunakan Dx Diag
Cara membukanya, Start, -> Run -> masukkan kata dxdiag
   d.      Menggunakan device manager
Cara membuanya, klik kanan  pada computer -> Properties -> Hardware -> Device manager.

B. Battery CMOS failure
    Berikutnya adalah "battery CMOS failure" . pesan/peringatan kesalahan ini muncul jika habis daya serapnya untuk CMOS/BIOS atau batre untuk CMOS/BIOS lemah(jika lemah biasanya settingan BIOS kembali ke pengaturan pabrik/default setting). Baterai Cmos biasanya bisa bertahan lama (kurang lebih 5 tahun) dengan syarat komputer anda sering dipakai sehingga baterai tetap bisa terus di ‘charge’ ulang oleh komputer.
    Cara mengatasinya : ganti batre CMOS ,lalu Seting kembali BIOS.

C. PC sering hang
    Pernakah anda sedang asik-asiknya bermain komputer tiba-tiba komputernya nge-hang dan tiba-tiba restart sendiri ???
    PC hang terjadi apabila :
   Memory tidak cocok
   1. Ada virus di harddisk
   2. Over Clock
   3. Ada bad sector di harddisk
   4. Software mengalami crash
   5. Hardware mengalami konflik (adanya penambahan hardware baru)
   6. Konflik antar hardware sering terjadi pada sistem operasi windows
   7. Debu dan kotoran
   8. Kesalahan Setting pada BIOS ( Basic Input Output System )
   9. komputer hang karena CPU kepanasan

Solusinya :
   1. Jika komputer hang karena CPU kepanasan
Sebagian komputer menjadi hang, karena sistem pendingin pada CPU tidak berjalan dengan baik. Untuk menanggulangi hal ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan :
1. Buka heatsing dan kipas processor secara hati - hati.
2. Bersihkan sirip-sirip pendingin dan fan processor dari debu, kalau fan macet beri minyak pelumas sedikit pada bagian poros kalau perlu ganti fan dengan yang baru.
3. Bersihkan thermal paste yang sudah kering yang menempel pada processor dan heatsink, ganti dan oleskan thermal paste yang baru.
4. Masukan lagi processor, heatsink serta fan kedalam dudukannya secara hati-hati.
5. Perhatikan posisi heatsink (pendingin) dan kipas Processor, pastikan kondisi Heatsing sudah terpasang secara benar terutama untuk tipe Heatsing untuk Processor socket LGA, perhatikan kondisi tiap-tiap sekrup yang terpasang.

   2.   JIka bad sector lepas hardisk tersebut dan pasang  pada komputer lain kemudian jalankan program checkdisk untuk memeriksa dan memperbaiki keruksakan pada  hardisk tersebut.

   3. Jika komputer hang karena koneksi LAN
Untuk komputer yang terhubung ke jaringan, kadang kala terasa berat ketika mengakses data dari komputer lain, program berjalan lambat dan akhirnya komputer seakan-akan menjadi hang. Untuk memastikan komputer hang karena koneksi jaringan (LAN), lepaskan dulu kabel jaringan pada komputer kemudian jalankan komputer seperti biasa. Apabila semua berjalan secara normal dapat dipastikan komputer hang karena koneksi jaringan.
Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah:

    * pastikan konektor RJ45 terpasang dengan benar, bila perlu lakukan crimping ulang.
    * gunakan perintah ping untuk memeriksa koneksi jaringan
      contoh perintah: ping -l 200 192.168.0.1
    * lakukan reset pada hub (switch) LAN, caranya bisa dengan mencabut kabel power Hub/Switch tersebut, tunggu beberapa saat kemudian masukan kembali.
    * cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memindahkan kabel jaringan dari port yang satu ke port yang lain (biasanya ada beberapa port dalam hub yang menjadi rusak karena masalah-masalah tertentu).
    * troubleshooting yang juga bisa kita lakukan adalah dengan mengganti kartu jaringan (LAN Card) dengan yang baru.

    4. Debu dan kotoran
permasalahan sepele ini sering kali kita lupakan, sebaiknya kita jadwal maksimal 2 bulan sekali untuk melakukan pembersihan debu dan kotoran di Komputer kita, agar performa komputer tidak terlalu menurun.

D. Hard disk not installed/ tidak terdeteksi
Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan troubleshooting pada harddisk, antara lain koneksi sumber tagangan, kabel , driver, setting BIOS, disk yang korup, usia hard disk, masalah pengkabelan dan lain-lain. Gejala-gejala yang berhubungan dengan permasalahan di atas :
  * Indikator HDD menyala dan display tampak, tetapi tidsak terjadi proses booting.
  * Komputer tidak boot pada saat dinyalakan.
  * Komputer tidak dapat booting melalui harddisk.
  * Tampilnya kode error 17xx pada display.
  * Suara monitor harddisk tidak ada.
  * pesan error dari CMOS
   Berikut adalah solusinya :
1. Pastikan harddisk sudah mendapatkan catudaya dari PSU. Kesalahan sepele seperti ini bisa saja terjadi. Mengingat letak harddisk yang biasanya di bagian depan casing. Terkadang Anda menghubungkannya dengan cabang power dari fan, yang tidak mendapatkan pasokan daya dari PSU. Hal ini bisa juga diakibatkan minimnya jumlah konektor daya dari PSU.
2. Pastikan setting master dan slave harddisk tepat seperti yang diinginkan. Atau jika Anda ingin memanfaatkan konfigurasi pada cable select, pastikan menggunakan konfigurasi tersebut pada kedua harddisk, lama dan baru Anda.
3. Jika Anda menginginkan memanfaatkan konfigurasi cable select, perhatikan pemasangan kabel IDE pada harddisk. Beberapa kabel terbaru, sudah memberikan tanda khusus, untuk membantu menentukan konektor mana yang akan dianggap sebagai master, dan konektor mana yang akan dianggap sebagai slave. Jika tidak tersedia, cara paling mudah adalah dengan aturan dasar berikut. Konektor yang terletak diujung diperuntukkan sebagai master. Sedangkan konektor di tengah, akan dianggap sebagai slave.
4. Jika itu semua belum dapat menyelesaikan masalah, maka alternatif jawabannya ada pada setting BIOS. Pada pilihan utama Integrated Peripheral, biasanya terdapat pilihan untuk IDE controller. Di sini juga terdapat pilihan untuk setting controller harddisk SATA. Sekiranya Anda mengalami masalah serupa, saat ingin menambahkan harddisk baru ber-interface SATA. Khusus untuk harddisk SATA dan Windows, jangan lupa untuk menginstalasi driver yang biasanya disertakan oleh produsen motherboard. Atau updatenya, tergantung chipset motherboard yang digunakannya.
 Itulah beberapa Diagnosa dan Troubleshooting pada PC, smoga info ini dapat bermanfaat

2 komentar:

  1. Nyoman mengatakan...:

    makasih atas infonya

Posting Komentar

 
Design by Game PC | Bloggerized by Free Blogger Templates | Hot Deal