CARA KERJA & TROUBLESHOOTING MONITOR CRT


CARA KERJA MONITOR CRT

Listrik dari PLN yang 220v diubah oleh bagian Power Supply menjadi tegangan sesuai dengan kebutuhan dari Rangkaian, antara lain :

1. Horizontal
2. Vertikal
3. Blok Video
4. Blok IC Program dan Controller
5. dll

Dan bagian Power Supply ini sangat penting karena kalau sampai ada kerusakan di bagian ini maka Monitor tidak akan bekerja dengan normal, bahkan akan mati.

Kemudian kita lanjutkan ...


Input Monitor ini adalah dari VGA ataupun yang lainnya.  Sinyal gambar dari VGA ini kemudian diterima oleh Rangkaian BLOK VIDEO dan Rangkaian SYNCRONISASI HORISONTAL dan VERTIKAL.

Sinyal yang masuk ke Blok Video adalah sinyal warna merah, hijau dan biru atau Red green dan Blue, makanya Rangkaian VIDEO sering disebut juga Blok RGB.  Jadi Blok Video ini hanya mengolah warna saja.  Hasil dari Blok ini adalah menuju ke katoda tabung yang juga terbagi menjadi 3 warna yaitu R, G dan B.  Katoda ini fungsinya untuk menghasilkan elektron, jadi masing-masing katoda menghasilkan elektron.

Sinyal Syncronisasi Vertikal dan Horizontal di proses oleh rangkain Syncronisasi untuk kemudian diteruskan ke Rangkaian HORISONTAL dan Rangkaian VERTIKAL.  Fungsi Rangkaian sincronisasi ini adalah untuk mengolah dan menghasilkan gambar, sehingga jika sinyal ini hilang salah satu maka layar Monitor akan kelihatan seperti diacak.

jadi ada dua bagian pertama yang bekerja agar Monitor nyala dan bekerja normal yaitu :

1. Blok Video dan
2. Blok Syncronisasi Vertikal dan Horizontal

Kemudian dari Syncronisasi Vertikal diteruskan ke Rangkaian Vertikal, di sini sinyal Vertikal diolah dengan komponen utama IC VERTIKAL yang berfungsi menggerakkan Yoke Vertikal.

Kemudian dari Syncronisasi Horizontal diteruskan ke Rangkaian Horizontal dan disini sinyal Horizontal di olah dengan komponen utama transistor Horizontal yang berfungsi menggerakkan flyback dan Yoke tabung.

Flyback digunakan untuk menghasilkan tegangan sangat tinggi yaitu sekitar 26 KV, agar elektron dari katoda tabung dapat menembak ke anoda tabung sehingga muncul gambar. jadi kalau flyback tidak bekerja maka elektron tidak akan menembak dan Monitor akan mati.

Yoke digunakan untuk mengarahkan elektron yang dihasilkan oleh katoda tabung agar terarah baik, Yoke Horizontal untuk mengarahkan elektron ke arah Horizontal dan Yoke Vertikal untuk mengarahkan elektron ke arah Vertikal, dan jika dua-duanya digabung maka elektron akan menembak ke anoda tabung secara merata dan sempurna.

Kemudian yang terakhir adalah Rangkaian Controller / Driver dimana Rangkaian ini berfungsi untuk mengatur settingan Monitor, lebar sempitnya dan tinggi rendahnya serta terang gelapnya.


    >Kelemahan Monitor CRT

      - Menimbulkan Radiasi yang cukup besar Bila dibandingkan dengan Monitor LCD
      - Kurang begitu nyaman di mata sehingga membuat mata cepat lelah
      - Bentuknya cenderung lebih besar dan memerlukan tempat yang luas
      - Memerlukan Konsumsi daya listrik yang relatif besar

    >Kelebihan Monitor CRT

     - Sudut pandang tidak terbatas.
     - Bisa diaplikasikan pada multiple resolusi video (beberapa resolusi)
     - Tidak akan pernah mengalami Dead Pixel (dot pada layar)
TROUBLESHOOTING 


 Monitor memang akan tambah gelap seiring waktu. Tambah gelap,tambah gelap dan sampai akhirnya mati total. Itulah siklus hidup dari perangkat berteknologi CRT. Baik monitor maupun TV. Harus kita relakan memang...


Bagaimana memperpanjang umur monitor? Mudah saja. Matikan jika tidak digunakan. Umur paruh waktu CRT(Tabung Monitor) adalah 10.000 jam pemakaian (Sumber: infokomputer 2004). Jadi jika anda nyalakan setiap saat,logikanya maka setelah 417 hari CRT akan menurunkan daya terangnya.


Yang saya maksud dengan "Matikan komputer" adalah dengan menekan saklar power ke posisi off, bukan sekedar meninggalkan dalam keadaan stand-by. Anda juga bisa meminta bantuan windows untuk mematikan komputer, dengan mengakses menu : Start->Setting-> Control Panel-> Power Option.
Bagaimana dengan screen saver? Screen Saver ternyata tidak membantu memperpanjang umur monitor. Tetapi saya masih merekomendasikan penggunaan screen saver berwarna gelap. Cara ini akan menurunkan penyebaran panas di dalam tabung monitor, sehingga tidak membuat komponen-komponen di dalamnya kepanasan. Akan tetapi hal ini tetap tidak berpengaruh pada umur tabung CRT.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Game PC | Bloggerized by Free Blogger Templates | Hot Deal